BBTNBBS

Berita Terbaru

Berita dari Balai Besar Taman Nasional Bukit Barisan Selatan

Rafflesia di Camp Rhino TNBBS Mekar Lagi

Rafflesia di Camp Rhino TNBBS Mekar Lagi

Selama awal tahun 2020 hingga bulan Juni sebanyak tiga kali bunga Rafflesia arnoldii tercatat mekar sempurna di Rhino Camp -Sukaraja, Taman Nasional Bukit Barisan Selatan.

Pada awal Juni ini, pengunjung dapat melihat keindahan bunga rafflesia tidak jauh dari jalan tembus Sanggi-Bengkunat atau sekitar 150 meter dari badan jalan.

Meskipun sebelumnya terdapat 9 knop (bakal bunga/bonggol) yang tersebar di daerah wisata Rhino Camp, baru satu knop yang berhasil mekar sempurna di tanggal 4 Juni 2020 ini.

Tidak berhasilnya knop bunga Rafflesia mekar biasanya disebabkan dimakan satwa liar atau pun akibat curah hujan yang tinggi menyebabkan knop yang berukuran tidak besar akan membusuk.

Namun, keberadaan hujan juga dapat menyebabkan knop yang besar dan siap mekar akan lebih cepat membuat kelopak bunga mekar sempurna.

Keindahan dan kekayaan hayati di TNBBS tidak terlepas dari ancaman kelestariannya.

Sebagai salah satu potensi obyek daya tarik wisata di TNBBS, upaya yang telah dilakukan selama ini untuk menjaga kelestarian Raffllesia di TNBBS baru sebatas pemantauan/monitoring, pemetaan daerah sebaran dan upaya pencegahan knop dari ancaman predator melalui pemagaran knop-knop yang ada.

Mengingat bunga ini tidak selalu mekar setiap saat dan sebagai salah satu bentuk upaya pelestarian jika memungkinkan perlu dilakukan “rekayasa” melalui penanaman tetrastigma di sekitar lokasi kawasan wisata TNBBS.

[Tri Sugiharti dan Susan Saputri, PEH madya dan PEH pelaksana

disadur dari : http://www.jejamo.com/rafflesia-di-camp-rhino-tnbbs-mekar-lagi.html

Actions: E-mail | Permalink |

Post Rating