BBTNBBS

Berita Terbaru

Berita dari Balai Besar Taman Nasional Bukit Barisan Selatan

EVALUASI PROGRAM, GEF – UNDP KUNJUNGI TNBBS

EVALUASI PROGRAM, GEF – UNDP KUNJUNGI TNBBS

Kotaagung, 22 Oktober 2017. Regional Technical Advisor (RTA) GEF-UNDP, PIU UNDP, PMU UNDP, Subdit KSDAE, dan Biro Kerjasama Luar Negeri-KLHK mengunjungi Taman Nasional Bukit Barisan Selatan, 2022  Oktober 2017. Kunjungan ini bertujuan untuk mengetahui dan memberi feedback, evaluasi, atau masukan atas implementasi program GEF-UNDP yang berlangsung di TNBBS. Kegiatan kunjungan meliputi kegiatan pemaparan dan juga kunjungan lapangan ke beberapa site terkait program GEF-UNDP di TNBBS.

Tim GEF – UNDP beserta rombongan diterima oleh Kepala Balai Besar TNBBS Ir. Agus Wahyudiono di Kantor Balai Besar TNBBS Kotaagung pada hari Jumat 20 Oktober 2017. Kemudian, dilakukan paparan mengenai tantangan pengelolaan kawasan TNBBS yang sedang dihadapi saat ini oleh Kepala Bidang Teknis Konservasi Balai Besar TNBBS Ismanto, S.Hut,MP. Acara dilanjutkan dengan kunjungan ke kantor WCS-IP Kotaagung. Firdaus Affandi (WCS-IP) Southern Sumatra Landscape Manager) dan Patih (WCS-IP Southern Sumatra Wildlife Crime UnitOfficer) melakukan paparan mengenai kemajuan implementasi program GEF-UNDP di TNBBS yang telah dilaksanakan oleh WCS-IP, diantaranya meliputi program RBM, patroli berbasis SMART, mitigasi konflik satwa liar, monitoring harimau sumatra, dan penegakan hukum terkait kasus kejahatan satwa liar.

Pada tanggal 21-22 Oktober 2017, rombongan melakukan kunjungan lapangan ke beberapa site dengan didampingi oleh perwakilan TNBBS dan WCS-IP. Kunjungan lapangan pertama dilakukan ke Stasiun Penelitian Way Canguk. Dalam kegiatan kunjungan lapangan ini dilakukan pemaparan tentang kegiatan riset dan monitoring di Way Canguk, peninjauan langsung kegiatan riset dan monitoring yang dilakukan adalah cek sarang rangkong, siamang, dan arena kuau (argus dancing ground). Kunjungan lapangan kedua dilakukan ke Rhino Camp RPU-YABI. Tim dari RPU-YABI melakukan pemaparan profil kegiatan perlindungan badak sumatera di TNBBS. Kunjungan terakhir dilakukan ke salah satu desa dampingan mitigasi konflik satwa liar, yaitu Desa Margo Mulyo. Kunjunganini bertujuan untuk melakukan peninjauan langsung terhadap kandang anti serangan harimau (Tiger Proof Enclosure/TPE). Pihak GEF – UNDP melalui Regional Technical  Advisor (RTA) menyatakan kunjungan lapang ini sangat positif dan bermanfaat dalam membagi informasi upaya konservasi dari tingkat lapang dan pengelola,  dan berharap agar kedepannya, program kerjasama yang telah berlangsung di TNBBS dapat berjalan dengan baik dan lancar. 

Actions: E-mail | Permalink |

Post Rating