BBTNBBS

Berita Terbaru

Berita dari Balai Besar Taman Nasional Bukit Barisan Selatan

RADEN ANDIK : “JELAJAH NEGERI KAMPANYE KONSERVASI”

Kotaagung 6 Juni 2017. Raden Andik Jaya Prawira yang akrab disapa “Kang Andik” tiba di Kantor Balai Besar TNBBS pukul 16.05 WIB, didampingi oleh petugas lapangan Balai Besar TNBBS dan Komunitas Sepeda santai Kotaagung. Kang Andik sebagai “Duta Lingkungan Perwira Rimba” mengawali perjalanannya bersepeda mengelilingi Indonesia sejak 16 September 2014 dari Banten.

 “Sebelum saya sampai di Kantor Balai Besar TNBBS Kotaagung, saya melewati kawasan TNBBS dan menikmati kesejukan udaranya, dan mampir dulu di Kubuperahu”, papar Kang Andik pada Kepala Balai Besar TNBBS Ir. Timbul batubara, M.Si.

Pada kesempatan ini, Kepala Balai Besar TNBBS menyampaikan Piagam Penghargaan yang dianugerahkan kepada Kang Andik. “Penghargaan ini diberikan pada Duta Lingkungan Perwira Rimba, atas kegiatan Jelajah Sepeda Di Taman Nasional Bukit Barisan Selatan Pada Tanggal 4 Sampai Dengan 6 Juni 2017, Sebagai Rangkaian Perjalanan Bersepeda Keliling Indonesia, Dalam Rangka Kampanye Pelestarian Hutan dan Lingkungan Hidup, Yang Dilaksanakan Mulai September 2014 Sampai Dengan Juni 2017”, tambah Ir. Timbul Batubara yang mengutip isi dari piagam penghargaan yang akan diberikan.

 

Kunjungan Kang Andik di TNBBS, dapat dikatakan sebagai rangkaian penutup, karena merupakan bagian akhir dari rangkaian perjalannya keliling Indonesia dengan bersepeda. “Pengalaman unik dalam perjalanannya lintas pulau keliling Indonesai adalah berhasil singgah di 4 sudut NKRI, yaitu sabang (16 Desember 2016); Merauke (26 Mei 2016); Rote (26 September 2015) dan Miangas”, ujar Kang Andik.

“Tugas kita sebagai rimbawan sejati adalah tetap menjaga dan melestarikan hutan kita, walaupun  sudah pensiun, yang pensiun adalah jabatan dan tugas, tetapi semangat rimbawan harus tetap dijaga dan dipelihara, dan peduli menjaga kelestarian hutan”, papar Kang Andik dengan mantap.

“Dalam keseluruhan perjalanan yang telah ditempuh, Kang Andik tak mau menginap di hotel, dan lebih memilih menginap di rumah alumni SKMA, atau tempat usaha alumni SKMA. Makan dan minum selalu disiapkan oleh alumni di daerah yang dikunjunginya”, jelas Kang Andik pada Humas Balai Besar TNBBS. Akhir dari perjalanan mengelilingi Indonesia, Kang Andik akan menerbitkan sebuah buku kisah perjalanannya dengan judul “Alumni SKMA Dan Rimbawan Ada Dimana – Mana”, yang merupakan bagian dari proyek membangun Museum Perjalanan Andik SKMA 1964 Lintas Pulau Keliling Indonesia di Bandung.

Actions: E-mail | Permalink |

Post Rating