BBTNBBS

Berita Terbaru

Berita dari Balai Besar Taman Nasional Bukit Barisan Selatan

Bupati Lampung Barat : “TNBBS Sebagai Tujuan Wisata Unggulan Lampung Barat”

Bupati Lampung Barat : “TNBBS Sebagai Tujuan Wisata Unggulan Lampung Barat”

Suoh, 17 September 2017. Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Barat menyelenggarakan Festival Layang – Layang dan Funbike, dalam rangka HUT Kabupaten Lampung Barat ke 26 tanggal 17 September 2017. Kegiatan ini dilaksanakan di Objek Wisata Alam Danau Lebar Suoh Taman Nasional Bukit Barisan Selatan, secara administrasi berada di Pekon Suka Marga Kabupaten Lampung Barat. Funbike diikuti oleh 385 peserta, Bapak Bupati Lampung Barat Drs. H. Mukhlis Basri, MM ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Dalam sambutannya pada pelaksanaan  kegiatan ini, Bupati Lampung Barat Drs. H. Mukhlis Basri, MM menyampaikan bahwa Danau Suoh telah dijadikan sebagai daerah wisata di Lampung Barat, bekerja sama dengan Balai Besar Taman Nasional Bukit Barisan Selatan. “Saya minta kepada masyarakat dapat mendukung program wisata ini, karena apabila masyarakat tidak mendukung, walaupun bagaimana bagusnya program ini, dia tidak akan ada nilai yang didapat. Kita sama sama menjaga pohon agar tidak ditebang, menjaga kebersihan lingkungan, agar wisatawan dapat nyaman berkunjung kesini. Balai Besar TNBBS telah membuka obyek wisata Danau Lebar, pengunjung dapat menaiki perahu mengelilingi Danau Lebar. Objek wisata ini dipublikasikan melalui media massa Radar Group, masyarakat harus mendukung program wisata unggulan Lampung Barat Ini”, kata Mukhlis Basri.

Kepala SPTN III Krui Suhana S.Sos mengatakan :”Pengembangan wisata alam Suoh berbasis masyarakat dilakukan bersama Forum Jasa Wisata Alam Jagad Endah Lestari, Pekon Suka Marga. Masyarakat yang terlibat dalam pengelolaan objek wisata ini telah berkomitmen untuk ikut berperan aktif dalam menjaga kelestarian TNBBS. Apabila terjadi kebakaran di sekitar areal ini, mereka yang terdepan dalam penanggulangannya. Seperti yang kita ketahui bersama, di sini pernah terjadi kebakaran pada tanggal 9 Maret 2017 lalu, dan mengakibatkan ± 1,5 Ha kawasan TNBBS terbakar.

Pada kesempatan yang sama, anggota Resort Suoh Hengki Novimba, A.Md yang juga merupakan Petugas Pemungut PNBP di Resort Suoh menyampaikan : “Data pengunjung di Resort Suoh dari bulan ke bulan semakin meningkat. Pada Bulan Mei 2017 jumlah pengunjung adalah 45 orang dengan PNBP terkumpul Rp. 225.000,-. Bulan Juni 2017 jumlah pengunjung adalah 385 orang dengan PNBP senilai Rp. 1.887.500,-. Peningkatan secara signifikan terjadi pada Bulan Agustus dengan jumlah pengunjung 1002 orang dan PNBP mencapai Rp. 4.985.000,-. Dari trend data yang selalu meningkat, menunjukkan bahwa Objek Wisata Suoh khususnya Danau Lebar memiliki potensi yang tinggi untuk dikembangkan”.

Meningkatkan jumlah pengunjung wisatawan nusantara dan wisatawan mancanegara merupakan salah satu target capaian kinerja Balai Besar TNBBS di tahun 2017. Dengan pengembangan wisata alam Danau Lebar Suoh ini, dapat menunjang tercapainya jumlah kunjungan wisatawan nusantara minimal 1.600 orang dan wisatawan mancanegara minimal 150 orang, yang merupakan target Balai Besar TNBBS di tahun 2017. Seiring dengan meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan domestic dan mancanegara, maka Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) melalui penjualan tiket masuk akan meningkat pula.

Actions: E-mail | Permalink |

Post Rating